Word of Wisdom


Love is a decision not an emotion or feeling,that if made from the heart will outlast anything...
-Raul and Samantha Juarez-

Thursday, March 11, 2010

Mengenal Karakter dan Kebiasaan yang Terpengaruh dari Budaya

Selamat Malam para Berrylicious (panggilan buat pembaca blog saya... lucu kan? gyahahaha...),

Malam ini saya ingin bercerita dengan pengalaman saya mengenali banyak karakter orang..

Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di sebuah universitas yang cukup ternama di Malaysia yaitu Limkokwing University. Saya gak mau ngebahas panjang lebar soal Universitas atau bagaimana sistem perkuliahannya itu mah soal lain. Saat ini yang mau saya bahas adalah bagaimana saya menemukan banyak karakter unik yang saya temukan disana.

Bahasan pertama yaitu ketika saya berkenalan dengan Classmates saya yang 90% orang Afrika (Botswana). Awalnya sih menyeramkan, abisnya kalo kita nonton film-film biasanya mereka kan mainannya gangsta gitu, nah ternyata setelah saya satu group dengan mereka dalam hal tugas kelompok, semua image negative hilang seketika, ternyata mereka baik kok. Memang untuk soal penampilan banyak yang macamnya gangsta-gangsta gitu, tapi gak semuanya begitu. Ada beberapa yang asik diajak ngobrol, tapi ada juga yang emang dari sononya sombong bener gak ada sopan-sopannya. Tapi dengan begitu, saya jadi mengerti bagaimana cara memperlakukan mereka sebagai seorang teman yang baik.
Tapi untuk saran saya, jangan kaget dengan cara mereka berbicara, karena culture merekalah yang membuat mereka berbicara dengan suara keras dan percaya diri sekalipun aksen mereka terkadang sulit untuk dipahami. Dan satu lagi, yang selalu membuat saya berkomentar ialah cara mereka berpakaian. Pakaian mereka cenderung OPEN... wow,, yang cewe itu lho, kalo kekampus kayak mau clubbing. Auratnya dibiarkan terumbar, jadi kadang-kadang saya ngerasa dosa sendiri, abis tiap kali kerjanya komentarin orang melulu.. But, overall it was really fun. hahaha.



Gambar di atas itu, saya ambil dari website universitas saya, kebetulan aja ada beberapa temen kuliah saya diatas ya semakin pas lah pembahasan saya. hahaha.
Okay, mari kita lanjutkan!
Jadi, pada dasarnya Karakter yang saya pelajari dari orang Afrika ialah PERCAYA DIRI yang SUPER...
Hal itu yang membuat banyak dari mereka berani untuk SPEAK UP di depan kelas.
Sangat menyenangkan punya teman seperti mereka dan yang pasti semakin bersyukur atas kesempatan yang Tuhan berikan sehingga boleh mengenal karakter orang dari negara lain.


Pembahasan kedua ada pada Classmate saya yang berasal dari China.
Teman-teman China saya ini menjadi motivasi saya untuk terus berkembang. Betapa tidak? mereka adalah anak-anak yang berasal dari China, sebuah negara yang dimana sangat mempengaruhi perekonomian dunia saat ini, bahasa ibu mereka ialah bahasa dengan huruf "Han Yin" (kayaknya lho begitu nulisnya. hehe.) namun mereka rela belajar huruf biasa agar bisa belajar Bahasa Inggris. Lucunya lagi, cara mereka berbicara sangat unik, mereka sangat sulit untuk berbicara Bahasa Inggris, namun mereka punya semangat untuk belajar dan yang terpenting ialah MAU BISA. Hal ini, sungguh memacu saya yang kurang lebih mendapat pendidikan bahasa yang cukup dan lagi bahasa Indonesia kan pake huruf biasa kayak bahasa Inggris, jadi semestinya akan lebih ,mudah untuk mempelajarinya...

Jadi, kesimpulannya karakter orang China pada umumnya ialah ULET, TEKUN, PEKERJA KERAS dan SEMANGAT.. wohooo...
Seru kan.

Apalagi ya, saya sempet berbicara dengan salah satu teman China saya, inti pembicaraannya ialah seperti ini:

"Vicky, di China banyak pernak-pernik Strawberry gitu gak?"

"Banyak kok, memang kenapa?" (Vicky)

"Kebetulan nih, aku lagi pengen cari T-shirt Strawberry,
tapi di Indo agak susah nemunya. Jadi, kalo ba
lik ke China,
boleh titip gak?"

"Oh, gitu, okay-okay, kamu suka strawberry ya?"

"Ya, suka banget, Parah sukanya."

"wah, lucu. okay-okay ntar liburan aku cariin"

Dan pada akhirnya, ketika liburan tiba Vicky balik ke China dan membelikan saya oleh-oleh langsung dari China...




Sebuah tempat handphone strawberry dan t-shirt strawberry yang dibawakan oleh teman saya langsung dari China..
Jadi satu bentuk karakter lagi dari orang China ialah BAIK... hahahaha... (agak subjektif sih, tapi gak ada salahnya kok, nyatanya memang begitu kok, inget aja lah Don't judge a book by it's cover. hahaha...)

Okay, jadi dengan demikian kesimpulannya cuma satu. Manusia diciptakan Tuhan dengan berbeda-beda yang tujuannya agar kita saling mengenal dan makin mensyukuri apa yang Tuhan berikan pada kita dan hal inilah yang terjadi pada saya.



Me, Banx, and Huang


-dP-



No comments:

Post a Comment